Feeds RSS

Minggu, 20 Februari 2011

BARBIE,BONEKA PALING CANTIK

Boneka apakah yang memiliki rupa menawan dan selalu menarik perhatian gadis-gadis cilik maupun perempuan dewasa? Ya, tentu Barbie adalah jawabannya. Hampir semua anak perempuan menggemari mainan yang bisa didandani dengan pakaian-pakaian indah dan diberi tatanan rambut ini.


Boneka Barbie diciptakan oleh Ruth Handler untuk perusahaan mainan ternama, Mattel, pada 1959. Ruth dan suaminya, Elliot Handler, dan Harold “Matt” Matson merupakan pendiri Mattel pada 1942. Ia memperoleh inspirasi untuk Barbie dari boneka yang pernah dilihatnya di Eropa dan menyaksikan putrinya, Barbara, yang membuat boneka berbentuk orang dewasa.
Figur Tren
Figur Barbie yang cantik rupawan kemudian dirancang. Sosoknya setinggi dua belas inci dari bahan plastik, berambut panjang dengan gelombang, diberi pakaian-pakaian modis yang bisa dilepas dan diganti-ganti, membuat Barbie langsung menjadi mainan populer. Versi-versi Barbie berikutnya selalu mencerminkan tren busana terbaru.
Barbie bernama lengkap Barbara Millicent Roberts, yang “dilahirkan” pada 9 Maret 1959. Tanggal tersebut merupakan hari peluncuran Barbie di Festival Mainan Tahunan New York.
Tokoh Barbie kemudian dilengkapi dengan seorang pacar tampan bernama Ken, beberapa saudara (Skipper, Todd, Stacie, dan lain-lain), binatang-binatang peliharaan (anjing, kuda, kucing, dan burung kakak tua). Perlengkapannya pun berkembang dan meliputi mobil, kapal, pesawat, dan rumah-rumahan.
Terdapat pula edisi-edisi khusus Barbie dalam profesi ilmuwan, penari, model, astronot, musisi, dan penjaga pantai. Pada 1980-an, minat masyarakat terhadap Barbie semakin kuat sehingga Mattel mulai membuat versi-versi terbatas yang ditujukan untuk para kolektor.
Mendunia
Sebagai salah satu mainan yang paling digemari, penjualan Barbie selalu menembus angka jutaan, bahkan miliaran dolar Amerika Serikat. SPuncaknya terjadi pada 1998 ketika penjualannya mencapai angka 1.7 miliar dolar Amerika Serikat. Selain di Amerika Serikat, Barbie juga dipasarkan di lebih dari 150 negara. Menurut catatan Mattel, rata-rata setiap anak perempuan di Amerika Serikat yang berusia 3 hingga 11 tahun mempunyai sepuluh buah boneka Barbie.
Animo masyarakat kepada Barbie tidak hanya positif, melainkan ada pula yang berkomentar miring. Banyak kritikus yang mengatakan bahwa boneka tersebut menggambarkan citra tubuh yang tidak realistis bagi anak-anak perempuan, mengingat Barbie mempunyai payudara besar, pinggang ramping, kaki panjang, kulit putih, dan rambut pirang. Bentuk badan Barbie dikhawatirkan akan menjadi acuan tubuh ideal yang tentunya tidak bisa diperoleh semua anak.
Film dan Buku
Kepopuleran Barbie membawa tokoh ini ke lembaran-lembaran buku cerita, di mana boneka cantik ini digambarkan mengalami berbagai kisah dan petualangan, di antaranya The Story of Barbie Doll (Kitturah B. Westenhouser, 1999), The Barbie Chronicles (Yona Zeldis McDonough, 1999), dan lain-lain. Televisi dan layar lebar pun dirambah Barbie dengan kisah-kisah menarik yang menjadi favorit gadis-gadis cilik di seluruh dunia.

0 komentar:

Poskan Komentar

fireboy and watergirl

get married

ation" value="file">